Tingkatkan Destinasi Wisata Kab. Malang dengan Kontes Ternak Nasional

Jurnalaktual.com – Dalam upaya meningkatkan semangat para peternak sapi dan kambing serta menghasilkan ternak yang berkualitas dan laris diparasan, Dinas Peternakan Kabupaten Malang bekerjasama dengan HPDKI (Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) DPC Malang Raya serta Komunitas Peternak Kambing dan Sapi (MAPEC) dan Peranak Etawa (PE) Malang menggelar Kontes Kambing Etawa dan Sapi Tingkat Nasional.

Acara tersebut digelar di Stadion Kanjuruhan Malang  dan menampilkan berbagai jenis dan clas yang dilombakan dari kambing dan sapi ekstrm hingga kelas bakal induk. Berbagai daerah juga ikut hadir memeriahkan, mulai dari Sumatera, Jawa hingga Kalimantan da Sulawesi.

Andy Geol, Koordinator pelaksana, kontes ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang bertujuan untuk mengangkat destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang.

“Selain sebagai  wisata dan hiburan, acara semacam ini juga sebagai wadah edukasi bagi mahasiswa dan pelajar yang hadir secara berkelompok bahkan siswa TK juga hadir untuk menyaksikan ternak-ternak yang ditampilkan di kandang-kandang yang telah disiapkan panitia,” terang Andy dalam acara yang digelar tanggal 25 – 26 November kemarin.

Antusias warga terlihat dengan banyaknya pengunjung yang hadir selama 2 hari kegiatan. Dalam kontes ini juga memperebutkan piala Bupati Malang dan hadiah menarik lainnya.

Aris Wahyudi, Perwakilan Dinas Peternakan yang hadir mengatakan acara sepertu ini harus dilaksanakan lagi ditahun depan dengan di konsep lebih bagus dan menarik.

“Acara seperti ini tahun depan harus lebih meriah lagi dan kalo bisa ditingkatkan kualitas lombanya misal di rangkai dengan kirap dan sebagainya, supaya lebih semarak dan bisa mengangkat Kab Malang sebagai daerah ternak dan cocok dengan kultur Kab Malang,” tutup Aris.

Reporter : Windu
Editor : Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *