Malang Youth Discuss, Upaya DPd KNPI Kota Malang Cerdaskan Masyarakat dalam Berpolitik

Jurnalaktual.com – Mendekati pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan, sejumlah kegiatan dalam rangka mensosialisasikan kesadaran dalam berpolitik terus dilakukan. Salah satunya, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang bekerjasama dengan KPU Kota Malang menyelenggarakan Malang Youth Discuss dengan tema ‘Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas dan Berintegritas’.

Abdul Hamid, Ketua Pelaksana kegiatan yang diselenggaraka di Gedung KNPI, Jalan Kawi, Malang mengatakan jika kegiatan ini merupakan bentuk nyata para pemuda untuk ikut mensukseskan pelaksanaan demokrasi.

“Pemuda itu memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pelaksanaan demokrasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan pengaruh positif dalam menghasilkan pemimpin ideal,” terangnya, Minggu (10/12).

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kota Malang, Hutama Budi Hindrarta juga mengatakan hal serupa. Menurutnya tugas mensukseskan pilkada bukan hanya penyelenggara pemilunya saja, tetapi juga masyarakat pemilih itu sendiri, “Para pemuda harus mampu mempengaruhi model dan output demokrasi agar jadi lebih baik lagi, karena Pemuda memiliki tanggung jawab moral atas wakil-wakil rakyat dan Kepala Daerah yang dihasilkan esok,” terang pria yang akrab disapa Abud.

Kita ingin, lanjut Abud, masyarakat cerdas juga dalam berpolitik, “Mengingat indeks pembangunan manusia Kota Malang yang relatif tinggi diatas 8,0 dan mestinya kegiatan-kegiatan demokrasi yang kita jalani dapat menjadi potret kualitas masyarakat Kota Malang,” pungkasnya.

Deni Bahtiar, Komisioner KPUD Kota Malang yang juga menjadi narasumber mengharapkan peran aktif keterlibatan pemuda, tidak hanya menjadi pemilih, tapi juga terlibat dalam mensosialisasikan masyarakat tentang pentingnya pemahaman memilih kepala daerah.

“Pemuda seyogyanya dapat aktif dalam setiap proses dan tahapan Pilkada Kota Malang. Dari mulai sosialisasi pendidikan politik untuk menghindarkan masyarakat dari pelanggaran pemilu,” tandas Deni

Selain dihadiri fungsionaris KNPI, acara tersebut juga dihadiri Pimpinan Organisasi Kepemudaan yang ada di Kota Malang.

Reporter : Revina
Editor : Isman Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *