Warga Desa Sumbersuko Pertanyakan TKD yang Belum Jelas

Jurnalaktual.com – Kebijakan Pemerintah terkait PSN (proyek strategi nasional) yang menitik beratkan kepada proyek infrastruktur terutama transportasi menjadi titik berat dari pemerintahan Jokowi – JK, dalam pelaksanaan dan kelancaran proyek tersebut perlu adanya campur tangan dari semua pihak agar proyek berjalan sesuai waktu yang ditentukan.

Strategisnya proyek ini membuat banyak lahan yang terpakai baik milik warga bahkan tanah milik Pemerintah Desa juga menjadi korban, sehingga tidak bisa terelakan konflik sosial dengan pemangku kepentingan pasti terjadi dan pada hari Senin (11/12/2017) di Balai Desa Sumbersuko Kec. Purwosari Kab. Pasuruan yang di mulai pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan mediasi antara PT. PP (pelaksana proyek tol) dengan perangkat Desa Sumbersuko terkait penggantian TKD (Tanah Kas Desa).

Dilansir dari kabarpas.com, Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari PT. PP Bpk. Iswanto, Camat Purwosari  Eka Wara Brehaspati, Kapolsek Purwosari AKP I Made Suardana, S.Sos., M.Hum., Danramil Purwosari KAPTEN Inf. Hariyanto, Kanit Binmas Polsek Purwosari IPDA Sunardi, perangkat Desa Sumbersuko, BPD Desa Sumbersuko, LPM Desa Sumbersuko, tokoh masyarakat Desa Sumbersuko, kuat personil pam Polri yaitu pamka 2 pers, Bhabinkamtibmas 1 pers, pamtup 1 pers, dan TNI 1 pers Babinsa Koramil.

Susunan acara dalam kegiatan tersebut yaitu, pembukaan oleh Camat Purwosari, pemaparan rincian Tanah Kas Desa yang terkena dampak tol oleh PJ. Kades Sumbersuko Bpk. Abdul Latief, dan Sesi tanya jawab.

Kesepakatan mediasi bahwa total luas Tanah Kas Desa yang terkena dampak tol seluas 2,047 Hektar dengan taksir nilai penggantian Rp. 8.793.426.618,- (delapan milyar tujuh ratus sembilan puluh tiga juta empat ratus dua puluh enam ribu enam ratus delapan belas rupiah) dengan teknis berupa relokasi / tukar guling tanah pengganti. Bahwa akan ada penggantian tanaman selama tidak produktif senilai Rp. 45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah) yang akan diserahkan untuk pemasukan Kas Desa.

Acara tersebut ditutup dengan Doa dan ramah tamah. Kegiatan tersebut berjalan kondusif dan selesai pkl 10.15 WIB.

Reporter : Joko Santoso
Editor : Isman Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *