Kerjakan Proyek Tanpa Papan Nama, Warga Desa Curah Duku Curiga Proyek Siluman Pemda

Jurnalaktual.com –  Warga Desa Curah Duku menyoroti proyek yang dibangun pemerintah daerah dianggap proyek siluman, dimana pembangunan proyek yang terletak di Desa Curah Duku tidak terpasang papan nama informasi saat melaksanakan kegiatan pekerjaan. Padahal, proyek tersebut telah berlangsung selama 6 hari.

“Proyek pemasangan pavingsasi asal-asalan dengan bahan paving yang tipis dan mudah patah seperti yang dilihat di lokasi,” ungkap Saminah (60) Warga di sekitar proyek, Senin (11/12).

Lanjut dia, sempat teradi pembicaraan di kalangan warga soal proyek itu. Mereka(warga) tidak puas dengan pemasangan pavingsasi yang asal jadi.

Sedangkan Kepala Desa Curah Dukuh, Salam dikonfirmasi tidak ada di lokasi maupun di rumahnya, sementara Hartono selaku PPK Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan belum bisa di konfirmasi terkait proyek pavingsasi yang terletak di Desa curah Dukuh jalan akses ke Perusahaan Pier.

Seperti diketahui, pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Reporter : Joko Santoso
Editor : Isman Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *