Kaum Perempuan, Simak 5 Tips Praktis Belanja Oleh-Oleh saat Liburan

Jurnalaktual.com -Travelling ke luar negeri rasanya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman kantor. Namun di satu sisi, kebiasaan yang satu ini ternyata kerap menimbulkan dilema tersendiri bagi para travelers.

Pasalnya, kegiatan membeli oleh-oleh yang seharusnya menyenangkan, terkadang menjadi suatu ‘kewajiban’ yang merepotkan. Terutama bagi mereka yang tidak teliti dalam mengatur keuangan.

Untuk mengakali hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 5 tips praktis membeli oleh-oleh wajib diketahui travelers. Seperti dilansir dari berbagai sumber.

Perhatikan keuangan

Sebelum membeli oleh-oleh, sebaiknya hitung budget yang Anda miliki dengan teliti. Jangan sampai kebutuhan utama Anda saat traveling menjadi terbengkalai karena sudah kehabisan uang untuk membeli oleh-oleh. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencari souvenir yang dijual per paket, karena biasanya dibanderol dengan harga terjangkau.

Siapkan kalkulator

Meski terdengar sepele, kalkulator bisa menjadi instrumen yang ampuh agar konsumen dapat berinteraksi dengan san penjual. Terutama bagi mereka yang traveling ke luar negeri. Pasalnya, tidak semua pedagang mengerti bahasa Inggris dengan baik. Nah, kalkulator ini juga berfungsi untuk menawar benda yang hendak dibeli.

Lihat ukuran dan beratnya

Selain mengatur keuangan, tips yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Apalagi jika Anda traveling dengan gaya backpacker-an. Ruang yang ada di dalam tas ransel begitu berharga untuk dijejali barang-barang yang sebetulnya bukan keperluan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menolak permintaan teman jika mereka memesan benda berukuran besar seperti sepatu dan gadget. Sebagai gantinya, Anda bisa membelikan mereka gantungan kunci, tempelan kulkas, pembatas buku, atau camilan khas lokal.

Makanan

Tidak sempat membeli souvenir karena keterbatasan waktu? Jangan khawatir. Anda bisa mengakalinya dengan membeli camilan atau makanan lokal yang dapat disimpan beberapa hari, dan dinikmati oleh banyak orang. Contohnya cokelat, permen, chocolate stick, dan kudapan praktis lainnya. Oleh-oleh ini sangat cocok bagi mereka yang berprofesi sebagai pekerja kantoran. Jangan lupa untuk mengecek kedaluwarsa.
Simpan oleh-oleh berharga di kabin

Bagi Anda yang membeli oleh-oleh berharga, sebaiknya jangan simpan di bagasi. Anda bisa membawa barang tersebut ke kabin pesawat. Jika ukurannya cukup besar, gunakalan sebuah tas khusus agar dapat disimpan di bawah kursi pesawat. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak memungkinkan, belilah koper khusus, lalu gunakan fasilitas plastic wrap sebelum koper diletakkan di bagasi.
( Okezone.com / Rev )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *