Ramai Isu Gempa Susulan 7,5 SR Magnitude, BMKG: Berita itu Hoax

Jurnalaktual.com – Beredar sebuah broadcast di sosial media yang sangat meresahkan, terkait gempa susulan pada pukul 22.30-23.59 WIB pada Minggu malam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan isu yang beredar di masyarakat bahwa terdapat potensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude adalah berita bohong atau hoax.

Isinya kurang lebih sebagai berikut, “Diharap keluar rumah nanti malam pukul 22.30-23.59 dikarenakan petensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude. Bagi yang tahu harap sebarkan berita penting ini.” Berita yang disebar seolah mengatasnamakan BMKG ini langsung ditepis oleh Biro Hukum dan Organisasi BMKG bagian Hubungan Masyarakat.
“Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut. Berita itu hanya HOAX/ISU yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut TIDAK mempunyai dasar ilmiah yang jelas,” jelas press release yang resmi dibuat oleh BMKG, seperti dikutip dari laman resmi bmkg.go.id, Minggu (17/12/2017).
BMKG kembali menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi.

“Oleh karena itu, masyarakat diimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu menghiraukan informasi tersebut. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG telah membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-6546316 atau Twitter @infobmkg.

Sebelumnya, laman Twitter BMKG mendapat banyak pertanyaan dari warganet yang ingin memperoleh kepastian atas informasi meresahkan tersebut.
(Liputan6.com/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *