Kadindik Apresiasi SKB LPI Sabilillah

 

Jurnalaktual.com – Gelaran Simfoni Khazanah Bangsa (SKB) Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah yang dilaksanakan pada Selasa, 19 Desember 2017 di Graha Cakrawala Universitas Negeri di apresiasi khusus oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang hadir secara langsung pada gelaran SKB yang telah digelar kelima kalinya oleh LPI yang dikepalai oleh Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atas potensi anak didik binaan LPI Sabilillah pada jenjang TK, SD, SMP maupun SMA Islam Sabilillah inipun diisi dengan berbagai aksi, kreasi dan juga unjuk prestasi dibarengi dengan penyerahan laporan hasil study siswa kepada orangtua (Raport).

Ketua pelaksana SKB Idi Rathomy Baisa menjelaskan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dihadiri kurang lebih lima ribu undangan yang terdiri atas orangtua siswa beserta keluarganya yang selain hadir untuk mengambil raport buah hatinya sekaligus ingin menyaksikan tampilan buah hati mereka. Gelaran SKB ini dimeriahkan oleh tampilan 400 talent peserta didik TK, SD, SMP, dan SMA Islam Sabilillah yang secara bergantian akan tampil menari, bermain orkestra, nasyid, paduan suara, puisi, tari tarian dan tampilan lainnya.

Sementara itu Direktur LPI Sabilillah Malang Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd dalam sambutannya memberikan gambaran segala daya upaya yang dilaksanakan seluruh jajarannya dalam pengembangan pendidikan baik dari segi sarana prasarana, peningkatan potensi pendidik dan peserta didik yang selalu mampu mempersembahkan prestasi baik di tingkat lokal, regional, nasional hingga tingkat Internasional. Yang kesemuanya membuat sekolah dibawah naungan LPI Sabilillah Malang menjadi rujukan maupun jujugan study banding lembga pendidikan di seantero nusantara untuk dikloning atau ditiru manajemen pengembangan dan pengelolaannya.

elaran SKB yang dilaksanakan oleh LPI Sabilillah inipun semakin semarak dengan hadirnya dua orang artis muda yang saat ini sedang naik daun setelah sukses dalam ajang pencarian bakat yang dihelat oleh stasiun televisi nasional. Dua bintang tamu SKB LPi Sabilillah yakni Sharla Martiza pemenang The Voice Kids Indonesia Session 2 yang bakal membawakan lagu Assalamualaika dan Ya Asyiqol Mustofa. Sedangkan Lirasadika pemenang Social Media Sensation yang juga merupakan alumni Sabilillah ditampilan awalnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama para undangan yang hadir. Kemudian Larasadika juga akan membawakan dua lagu untuk menghibur undangan yang hadir.

” Kegiatan hari ini merupakan pembuktian apa yang telah diupayakan oleh jajaran LPI Sabilillah. Berulangkali saya menghadiri undangan sekolah dibawah naungan LPI Sabilillah yang mengekspresikan segala potensi yang dibina dan dikembangkan. LPI Sabilillah telah sukses mengembangkan pola pendidikan dan menjadi rujukan berbagai pihak untuk dicontoh. Pola managemen, pola pembinaan dan penibgkatan kompetensi pendidik dan peserta didik, pola jalinan kemitraan sekolah dengan masyarakat khususnya orangtua siswa menjadi panutan untuk layak diimplementasikan disekolah sekolah yang mampu untuk mengikuti pola yang diterapkan oleh LPI Sabilillah ” tutur Dra. Zubaidah, MM.

Zubaidah kembali menggunakan moment pertemuan yang dihadiri oleh orangtua siswa untuk mensosialisasikan kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai adanya raport ganda. Selain raport akademis, nantinya akan ada raport non akademis yang memuat track record lengkap data diri siswa mulai dari potensi non akademis yang haris disadari oleh orangtua sehingga ke depan tidak memaksakkan kehendaknya pada buah hati. Sebab setiap anak memiliki keistimewaan masing – masing. Dan keistimewaan itu perlu dieksplorasi, dikembangkan dan diapresiasi dengan baik agar dapat menjadi bekal hidup anak dimasa mendatang.

Pihak LPI Sabilillah memberikan apresiasi khusus atas kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang meluangkan waktunya ditengah jadwal kegiatannya yang padat menghadiri SKB LPI Sabilillah dengan mengajak turut serta menabuh rebana bersama jajaran pengurus LPI Sabilillah membuka secara resmi gelaran SKB LPI Sabilillah tahun 2017. (diknas.malangkota.go.id/Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *