Serius Garap Pramuka, SDN Gadang 4 Malang Dulang Prestasi

 

Jurnalaktual.com – Sesuatu jika digarap serius dan dijalankan dengan sungguh – sungguh pada akhirnya akan berbuah manis. Pun demikian yang dilakukan oleh jajaran SDN Gadang 4 Malang yang kini dikepalai oleh Hj. Jamiatul Jamilah, S.Pd. Satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Kolonel Sugiono XI / 24 itupun mendulang beragam prestasi hasil dari daya dan upaya dalam melakukan pembinaan ekstrakurikuler pramuka yang rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at.

Bahkan tercatat empat siswa siswi SDN Gadang 4 Malang masuk dalam tim Pramuka Garuda Kota Malang yang total berjumlah 6 siswa. Ke empat siswa SDN Gadang 4 Malang yang tergabung dalam tim Pramuka Garuda itu diantaranya Aqila Ribby Zufro, Rizky Kumaira, Alimatiz Zahra Ramadhani dan Putri Marwah. Hal itu merupakan sebuah kebanggaan sekaligus pembuktian bahwasannya pembinaan Pramuka yang dilakukan oleh Hj. Jamiatul Jamilah, S.Pd beserta jajarannya benar – benar serius. Mengingat untuk lolos dan dapat bergabung dalam tim Pramuka Garuda Kota Malang tidaklah mudah. Ke empat siswa SDN Gadang 4 Malang itu dinilai telah memenuhi kecakapan sesuai dengan materi di tingkat siaga, diantaranya kekeluargaan, keagamaan, gotong royong dan lainnya. Untuk unsur agama di tingkat tersebut, misalnya, siswa dikenalkan kembali tata cara beribadah dan membantu orang tua.

Selain sukses menempatkan empat siswanya masuk dalam tim Pramuka Garuda Kota Malang, salah satu ekskul binaan SDN Gadang 4 Malang itupun juga berhasil menorehkan berbagai prestasi di bidang kepramukaan. Pada event Peringatan Hari Pramuka (PHP) ke 56 tahun, SDN Gadang 4 Malang dengan gemilang membawa pulang trophi juara 1 pionering putri, juara 2 pionering putra dan juara 3 kategori gapura tenda terbaik putri.

Sedangkan pada gelaran pesta siaga se Kota Malang yang diselenggarakan sepekan lalu di lapangan Bela Negara Rampal, lagi lagi tim Pramuka SDN Gadang 4 Malang sukses meraup pundi prestasi dengan raihan juara juara 1 PPGD putra, juara 2 PBB putri dan juara 3 PPB putra. Dengan hasil raihan prestasi itu, tim Pramuka SDN Gadang 4 Malang dinobatkan sebagai juara umum harapan 2 pada gelaran pesta siaga kota Malang tahun 2017.

” Kami tidak hanya melakukan pembinaan ekskul pramuka dan mengistimewakan ekskul yang dibina oleh Habibullah Mustofa. Seluruh potensi yang dimiliki peserta didik SDN Gadang 4 Malang kami wadahi dan dibina dengan serius. Seperti halnya pada bidang olahraga Tennis Lapangan yang juga acapkali menambah deretan prestasi. Beberapa trophi juara pernah dipersembahkan anak didik kami diantaranya Juara 1 Tennis Lapangan Tingkat Kota Malang, juara 2 tunggal putra di Blitar, juara 2 ganda putra di Blitar, dan juara 3 tunggal putra di Tulungagung” jelas Kepala SDN Gadang 4 Malang Hj. Jamiatul Jamilah, S.Pd.

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab disapa Ummi Mila itupun menambahkan bahwasannya partisopasi aktif dan dukungan luar biasa yang diberikan orangtua siswa SDN Gadang 4 Malang menjadi salah satu kunci sukses anak didiknya meraih berbagai prestasi baik dibidang kepramukaan maupun dibidang olahraga tennis lapangan.

Sebagai upaya memberi suntikan motivasi dan semangat pada peserta didik SDN Gadang 4 Malang yang lainnya, setiap usai meraih prestasi pada gelaran upacara hari senin, Kepala SDN Gadang 4 Malang Hj. Jamiatul Jamilah, S.Pd memberikan apresiasi secara khusus pada siswa berprestasi dengan menyerahkan trophi juara yang mereka raih dihadapan peserta upacara. (diknas.malangkota.go.id/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *