Rakercabsus Gerindra, Bahas Pilkada Malang 2018

 

Jurnalaktual.com – Dewan Perwakilan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (DPC Gerindra) Kota Malang, melakukan Rapat Koordinasi Cabang Khusus (Rakorcabsus) di RM Ringin Asri, Jalan Soekarno Hatta, pada Rabu (20/12) besok.

Salah satu agenda besar dalam Rakorcabsus itu adalah membahas kesiapan partai jelang Pilkada Malang 2018. Hal ini penting, sebab Partai Gerindra adalah pemenang di Pilkada 2013 lalu kala mengusung nama H. Moch Anton – Sutiaji dan berkoalisi dengan PKB.

Sekertaris DPC Gerindra Kota Malang, Salamet, mengatakan, agenda Rakorcabsus akan diawali dengan laporan Badan Seleksi (Bansel) yang telah menerima pendaftaran tiga nama tokoh untuk bersaing di Pilkada Malang 2018 mendatang.

Laporan dari Bansel itu, lanjut Salamet akan diterima oleh DPC dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh DPD Gerindra Provinsi Jawa Timur. “Pada agenda Rakercabsus besok ada perwakilan dari DPD Gerindra Jawa Timur,” kata Salamet.

Hasil laporan dari DPC itu, lanjut Salamet nantinya akan dibahas oleh partai pada tingkat provinsi sebelum diteruskan ke DPP partai. Setelah itu, dilakukan berbagai analisa yang meliputi survei dan sebagainya sebelum DPP memutuskan resmi mengusung calon.

“Kita berharap pada Pilkada Malang 2018 bisa berpartisipasi dengan baik,” ujar Salamet.

Ditanya soal siapakah tokoh yang akan maju dari Partai Besutan Prabowo Subianto itu, Salamet belum bisa menjawab karena itu sepenuhnya adalah hak dari DPP. Namun, selain nama tokoh yang mendaftar lewat DPC Gerindra, sosok Moreno Soeprapto juga masih santer dikabarkan menjadi alternatif partai.

“Secar pribadi saya pernah bincang dengan Pak Moreno. Beliau tidak tertarik ikut Pilkada Malang. Tapi jika nanti keputusan DPP memerintahkan Pak Moreno maju itu hal yang harus dilakukan,” ujarnya.

Mengajukan nama Moreno Soeprapto bukan tanpa pertanyaan. Saat ini Gerindra Kota Malang hanya memiliki 4 kursi di DPRD sehingha masih kurang 5 kursi lagi untuk koalisi. Menjawab itu, Salamet menegaskan jika partai pada tingkatan DPC terus menjalin komunikasi dengan partai lain untuk penjajakan koalisi.

“Termasuk dengan lima partai kemarin seperti Golkar, Demokrat, Hanura, PAN dan PPP yang memiliki inisiatif untuk membentuk kekuatan besar bersama dalam Pilkada,” tandasnya.

Salamet berharap agenda Rakorcabsus berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu untuk Pilkada Malang 2018 mendatang. (politikamalang.com/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *