Kemendikbud: Wartawan Paling Banyak Akses KBBI Online di 2017

Jurnalaktual.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim kunjungan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online mengalami peningkatan sepanjang tahun 2017.
Data Kemendikbud, KBBI online berhasil menghimpun lebih dari 108 ribu kosakata baru dan 127 ribu makna baru.

KBBI online manfaatkan banyak kalangan Profesional dan non profesional termasuk wartawan.
Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara kilas balik kinerja Kemendikbud tahun 2017 dan rencana kerja tahun 2018 di kentor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017).

“Total yang memanfaatkan daring dari KBBI ini adalah pekerja Profesional dan non profesional termasuk didalamnya adalah wartawan yang turut memanfaatkan KBBI. Kita ucapkan terima kasih,” kata Muhadjir Effendy disambut tepuk tangan awak media yang hadir.

Tak hanya itu, Muhadjir juga menyampaikan bahwa kata yang paling populer dicari dalam tahun ini adalah kata ‘praktek’ atau ‘praktik’ yang mencapai 14.998 pencarian.

Muhadjir mengatakan bahwa masih banyak orang yang belum paham dengan penulisan kata tersebut menurut Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

“Dan kata terpopuler dalam pencharian KBBI online ini adalah kata ‘Praktek atau ‘Praktik’ ini pringkatnya yang paling tinggi dalam pencaharian,” kata Muhadjir Effendy.

Tercatat, menurut data Kemendikbud, KBBI telah diakses oleh lebih dari 10 Juta pengguna aktif dengan dengan total akses dalam sehari mencapai 25.881 pengguna.

Negara pengunjung terbanyak tentunya Indonesia dengan persentasi 88,8 persen, Inggris 3,5 persen, Belanda 2,8 persen, Amerika Serikat 2,1 persen dan Singapura 1,4 persen. (Tribunnews.com/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *