Musim Liburan, Waspadai Kemacetan Saat ke Malang

Jurnalaktual.com – Malang masih menjadi jujukan wisatawan saat hari libur, termasuk libur Natal. Ribuan orang dari luar daerah masuk ke Malang untuk menikmati hari liburnya.

Seiring dengan itu, jumlah kendaraan yang masuk ke Malang juga meningkat. Arus lalu lintas menjadi padat dan di beberapa ruas jalan menyebabkan macet panjang, seperti di pertigaan Karanglo, Kabupaten Malang dan sejumlah ruas jalan di Kota Batu.

“Tidak usah bicara lalu lintas di Hari Natal ya. Di hari biasa juga macet ya di Malang – Surabaya karena memang jumlah pengguna kendaraan banyak. Apalagi pada saat Natal,” kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin saat meninjau pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 di Kayu Tangan, Kota Malang, Senin (25/12/2017).

Sebenarnya, pemerintah sudah berupaya untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi itu. Yakni dengan adanya rencana pembangunan jalan Tol Malang – Pandaan. Sayang, pembangunan jalan tol yang menghubungkan Surabaya dan Malang itu masih belum selesai.

“Mudah – mudahan, di 2018 nanti jalan tolnya (Malang – Pandaan) cepat selesai. Sehingga membantu kelancaran lalu lintas,” katanya.

Sementara itu, untuk libur Natal dan Tahun Baru kali ini, pihaknya memang memfokuskan pengamanan lalu lintas di Malang, terutama di Kota Batu. Sebab, daerah yang menyimpan banyak destinasi wisata itu selalu padat saat musim liburan.

“Di Batu lah. Tempat ke wisata, titik – titik keramaian pasti macet. Semua orang menuju kesana. Pasti macet. Mudah – mudahan bisa teratasi dengan baik. Walaupun tersendat – sendat tapi bisa jalan. Itu yang kita harapkan,” katanya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul juga memberikan perhatian terhadap kemacetan yang kerap terjadi di jalur utama Malang dari arah Surabaya.

Dikatakannya, kemacetan yang kerap terjadi di daerah – daerah wisata masih menjadi persoalan di Jawa Timur.

“Ini permasalahan di Jawa Timur. Kalau libur, di lokasi – lokasi wisata timbul kemacetan,” katanya dalam acara Ngaji Aswaja di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Kota Malang pada Sabtu (23/12/2017). (Kompas.com/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *