Inilah Makna Tema yang Diambil dalam Perayaan Natal Gereja Tertua di Kota Malang

Jurnalaktual.com – ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu’ menjadi tema Natal di Paroki Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Kayutangan, Malang.

Romo Yosef Arnoldus Devanto O. Carm pastor paroki Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, mengatakan bahwa tema tersebut diambil dari Kolese 3 ayat 15 A.

“Itu mengajak kita untuk mengutamakan damai dan juga dari KWI (konferensi wali gereja Indonesia) mengimbau agar dalam perayaan Natal untuk mengutamakan dialog dan kerjasama dengan pemerintah setempat dan Polri,” kata Yosef, Minggu (24/12/2017).

Selain itu, Yosef mengatakan dari tema tersebut juga mengajarkan bahwa umat Allah berbeda-beda tetapi tetap satu dan sungguh-sungguh mengutamakan damai.

“Kita saling tenggang rasa dengan kelahiran Sang juru selamat ini dan lebih menghadirkan umat Katolik yang Pancasilais,” katanya.

Lebih lanjut, selama empat tahun dirinya berada di Paroki tersebut, Yosef melihat kerjasama selalu dijunjung tinggi oleh Pemkot Malang, kepolisian, TNI, dan instansi yang lain.

“Setiap bulannya kita ada pertemuan dan dialog selalu dilakukan sehingga tidak akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ucapnya. (Tribunjatim.com/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *