Ini Negara Pertama Jadikan Nasrani Agama Resmi

Jurnalaktual.com – Tak banyak yang tahu bahwa negara Armenia, merupakan negara yang menjadikan Kristen sebagai agama resmi di negaranya pada tahun 301 AD. Jejak-jejak sejarah Nasrani hingga saat ini, masih kental terlihat di negara Asia sebelah barat daya tersebut.

Meski bukan tempat yang dikenal sebagai awal munculnya umat beragam Nasrani, namun Armenia oleh sebagian besar sejarawan diyakini sebagai negara pertama yang mendeklarasikan Kristen adalah agama negaranya.

 

Armenia sebagaimana dilansir BBC, merupakan negara yang berpenduduk hanya sekitar 3 juta orang. Pada saat ini, hingga 95 persen warga di Armenia disebut masih memeluk Nasrani dan di negara itu terdapat banyak situs yang berkaitan erat dengan kekristenan.

Menurut cerita lisan masyarakat setempat yang disampaikan turun-temurun, pemimpin Gereja Apostolik Armenia pertama adalah Gregory Sang Iluminator. Seorang bangsawan yang memiliki ayah bernama Anag yang membunuh Raja Armenia Khosrov II.

Anag, kemudian dieksekusi mati atas kejahatan yang dilakukannya, kemudian Gregory berangkat ke Kapadokia dan di sana dia dibesarkan oleh seorang bishop bernama St Firmilian.

Setelah dewasa, Gregory, kemudian kembali ke negaranya dan menyebarkan ajaran Nasrani. Dia sempat dipenjara oleh Raja Tiridates III, karena menyebarkan agama Kristen. Namun, setelah 13 tahun dikurung dan Gregory bebas dari penjara, Raja Tiridates III kemudian menjadi Nasrani dan mengumumkan agama tersebut adalah agama resmi di negaranya.

Sementara itu, situs-situs yang berkaitan dengan kekristenan dan simbolik sejarah Nasrani juga bisa ditemukan di berbagai wilayah di Armenia. Salah satunya dalah Church of a Saint atau Gereja Orang Suci di Vagharshapat yang dianggap sebagai ibu kota suci di Armenia. Gereja tersebut kini menjadi salah satu peninggalan sejarah dunia yang dicatat oleh UNESCO. (Viva.co.id/ Rev)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *