Alat Berat Pemkot Bekasi Digunakan Perusahaan Swasta, Siapa Pemberi Izinya?

Bekasi-JA. Adanya alat berat milik pemerintah kota Bekasi yang di pakai perusahaan swasta. Pada saat JA mempertanyakan keberadaan alat berat milik Dinas Bina Marga dan Tata Air (DISBIMARTA) Kota Bekasi yang beroperasi dilokasi kegiatan swasta saat awak media mempertanyakan mengenai alat berat yang berada dilokasi pembangunan apartemen ke pihak keamananan. Seorang keamananan pun menjelaskan bahwa alat berat berjenis beguo itu memang sudah ada satu minggu di sini untuk melakukan kegiatan rehab jembata dilokasi pembangunan apartemen milik PT. Marlanco. Unik namn menarik untuk ditelusuri pasalnya di lokasi pekerjaan tersebut terdapat pegawai dari Dinas Bina Marga (DPU-BM) dengan menggunakan kendaraan dinas berplat merah, nah saat JA ingin mempertanyakan keberadaan alat berat dilokasi kegiatan tersebut meraka langsung keluar dan meranjak pergi meningalkan mobil dinasnya.

Ada apa pegawai DPU-BM Bekasi tersebut?. Kenapa dia enggan dan lari saat dimintai konfirmasi. Zaenal salah satu mandor yang mengerjakan rehab jembatan saat dimintai keterangan dan konfirmasi lewat ponsel, menjelaskan bahwa, ”alat berat begue itu disewa tapi saya engak tau mas, disewanya berapa karena untuk masalah sewa menyewa alat berat ada mandor satu lagi, ”jelas Zaenal kepada JA. Sementara Ketua komunitas peduli Bekasi Yanto penegaskan, “penggunaan alat berat milik pemerintah diperusahaan swasta harus ada ikatan kontrak pasalnya, alat berat milik pemerintah harus memberi pendapatan ke kas daerah. Jika disinyalir alat berat tersebut tidak dibayar oleh pihak swasta, maka hal itu bertentangan dengan peraturan, ”terang Yanto.

”Adanya pun alat berat milik pemerintah kota bekasi diperuntukkan untuk kepentingan umum dalam hal meningkatkan infrastruktur di daerah, nah jika sudah digunakan oleh pihak swasta, harus ada ikatan kontrak sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah, “tambah Yanto. DPU-BM Kota Bekasi wajib mempaparkan ke publik jumlah pendapatan per tahun, dari hasil pensewaan alat berat milik pemerintah kepada pihak swata ataupun pihak lainya, ini sesuai dengan undang-undang keterbukaan public, ”Yanto. Hingga berita ini diturunkan pihak DPU-BM Tata Air (disbimarta) Kota Bekasi belum dapat ditemui untuk dimintai penjelasan terkait penggunaan alat berat yang digunakan ujntuk kegiatan swasta serta pada siapa izin penggunaan alat berat untuk pihak swasta, “pungkasnya. den

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *