SPBU Berbek Rungkut Meledak, 4 Luka 1 Tewas

Surabaya-JA. SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ) di Jalan Berbek Industri, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) atau lebih tepatnya di daerah perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo tadi pagi meledak pada Kamis (8/3/18). Diduga pemicunya dari sebuah truk pengangkut LPG 68 kg dan satu Dispenser Solar hangus terbakar. Ledakan ini menelan korban sebanyak empat petugas SPBU mengalami yang luka berat dan satu orang diduga sopir truk bernama Budiono tewas terpanggang. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya Chandra Oratmangun mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan kejadian tersebut pukul 07.50 WIB. Sebanyak 7 mobil pemadam kebakaran milik PMK Surabaya dan 4 mobil dari PMK Sidoarjo dikerahkan. Dalam waktu 25 menit, petugas berhasil memadamkan api.

Untungnya, kobaran api tidak sampai menjalar ke Dispenser BBM (mesin pompa) lainnya. Hingga kini beberapa petugas PMK masih berupaya melakukan pendinginan Dispenser. Mereka menyemprotkan air ke dispenser dan truk pengangkut LPG 68 kg. “Penyebabnya belum dipastikan. Tapi kami menduga ledakan diakibatkan percikan api dari truk, “kata Chandra saat ditemui wartawan. Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji dan sejumlah polisi tampak datang ke lokasi kejadian. Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) usai api dipadamkan. Himawan mengatakan, hasil olah TKP sementara diduga percikan api dari truk tersebut. Kemudian percikan api menyambar ke dispenser dan memicu ledakan. “Tapi kami masih olah TKP dahulu dan mengevakuasi seluruh korban ke rumah sakit, “ujar Himawan.

Unit Manager Communication and CSR SPBU Berbek Rifky Rakhman Yusuf menambahkan, saat ini kondisi di SPBU telah terkendali. Namun pihaknya masih terus berkoordinasi dengan kepolisian dan Pertamina. Tujuannya agar kegiatan penyaluran bahan bakar ke dispenser SPBU lainnya tidak terganggu. “Kami terus mengingatkan agar seluruh kegiatan dilakukan dengan memperhatikan aspek safety, “terangnya. Salah satu saksi mata, Hendro (42) juga menyampaikan kepada JA saat peristiwa ini terjadi, ”ih ngeri sekali nampak korban tewas yang terpanggang mungkin si sopir ketika percikan api kecil terjadi lalu akhirnya menyambar bensin yang dialirkan lewat tangki truk hingga menyebabkan ledakan sontak saja si sopir tidak sempat keluar dari truk, sempat pula saya lihat kendaraan yang telah diturunkan dan dikerahkan PMK dari Surabaya dan PMK dari Sidoarjo, mungkin letak SPBU Berbek-Rungkut ini di perbatasan antara Surabaya–Sidoarjo, ”terang Hendro (alumni SMP Ta’miriyah 1994). mec

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *