DPRD KOTA MALANG MILIKI PENGHUNI BARU INI DAFTARNYA

Jurnalaktual– Kota Malang :DPRD Kota Malang bakal punya “penghuni baru” atau anggota baru seiring dilaksanakannya Pergantian Antar Waktu (PAW). Rencananya, 40 anggota akan dilantik di Gedung dewan, Senin 10 September 2018.

Anggota baru ini adalah hasil dari upaya diskresi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) menyusul 41 anggota DPRD Kota Malang yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ke-41 anggota itu ditetapkan sebagai tersangka setelah tersandung kasus korupsi dana P-APBD. Sementra anggota baru ini akan dilantik siang nanti dan dihadiri sejumlah pejabat negara, diantaranya Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Suasana PAW anggota DPRD Kota Malang

Kepala Bagian Media Pemprov Jatim, Arif Lukman Hakim mengatakan Gubernur Jatim Soekarwo sudah berada di Malang. “Beliau akan menghadiri pelantikan anggota DPRD Kota Malang yang baru,” katanya, Senin 10 September 2018.

Sementara itu, Koordinator Malang Corruption Watch (MCW), Fahrudin dalam keterangan resminya menyebutkan PAW ini menjadi pilihan logis untuk menyelesaikan kemungkinan stagnasi penyelenggaraan Pemerintah Kota Malang.

Fahrudin menyoroti ada dua dimensi dari pergantian antar waktu yang belum menyentuh substansi tata pemerintahan.

“Pertama belum tentu ada perubahan (penanganan korupsi), dan PAW ini sebatas memenuhi kuorum dalam pembasahan APBD dan Perda. Sifatnya hanya formalitas,” jelasnya dalam pernyataan tertulis, Senin 10 September 2018.

Dimensi kedua menyangkut optimisme agar warga Kota Malang pro aktif dalam mengawasi wakilnya yang duduk di parlemen.

“Agar ada semangat pemberantasan korupsi yang dibangun di atas sikap optimisme. agar DPRD yang baru bis amenjalankan tugasnya dengan baik,” tegasnya.

MCW juga meminta kepada para pihak sebagai penyelenggara negara agar patuh terhadap pemberantasan korupsi. Terlebih sorotan kepada partai politik agar lebih selektif melakukan penjaringan calon legislatif.

“DPRD baru harus bisa mengembalikan kepercayaan publik, teurtama warga Kota Malang,” pungkasnya.

( Jurnal red.)

red-aksi

Ramot Batubara, S.H, S.Sos adalah Pendiri/Direktur Utama/CEO Jurnal Aktual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *