Polresta Sidoarjo Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

Sidoarjo-JA. Dalam rangka kesiap kesiagaan menghadapi musim hujan, Senin (11/11/2019) pukul 09.30 WIB di Ruang Bharadaksa Polresta Sidoarjo telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka penanggulangan bencana musim hujan antisipasi banjir, angin puting beliung, tanggul lumpur Lapindo dan bencana lainya di Kabupaten Sidoarjo digelar RAKOR antisipasi bencana ini di hadiri oleh Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito, Heri Soesanto Asisten 1 Pemkab Sidoarjo, Dwi Prawito-Kepala BPBD Sidoarjo, Kapt Inf Adi Sarwono Pasiops Kodim 0816 Sidoarjo, BPLS, Satpol PP, Dinas PUPR Sidoarjo, DISHUB Sidoarjo, PJU Polres Sidoarjo dan Kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo.

Dalam Rapat Kordinasi (RAKOR) tersebut, Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito membahas masalah penanggulangan bencana alam yang kerap kali terjadi di wilayah Sidoarjo. Pada musim hujan tahun yang lalu selain terjadi banjir di beberapa tempat juga banyak disertai terjadinya bencana angin puting beliung yang melanda di wilayah Kabupaten Sidoarjo selain itu mengingat di wilayah Sidoarjo juga masih ada tanggul penahan lumpur LAPINDO yang keberadaannya selama ini pada musim hujan sering terjadi luapan air dan berimbas terjadinya genangan air di jalan RAYA PORONG sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor.

Sehingga dengan adanya beberapa ancaman bencana alam di atas sebagai tujuan dilaksanakannya acara rakor hari ini mengantisipasi bencana tersebut untuk saling beri saran untuk didiskusikan dan berkaca dari pengalaman pada tahun-tahun kemarin dalam penanganan bencana alam. Narasumber dari Asisten 1 Pemkab Sidoarjo menyampaikan Pada pelaksanaan penanganan bencana alam harus berpedoman pada Perbup no. 3 tahun 2018 yang dalam pelaksanaannya menuntut adanya koordinasi dari seluruh instansi terkait sehingga bencana alam tertanggulangi dengan benar dan efektif . Serta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah selaku koordinator penanggulangan bencana juga mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan bahaya yang akan terjadi baik dari kesiapan stake holder yang terkait maupun sarana prasarana pendukung serta anggaran yang tersedia.

Selain itu , Untuk mengetahui kesiapsiagaan seluruh instansi terkait dalam mengantisipasi bencana maka pada tanggal 4 Desember 2019 akan kita laksanakan apel kesiapan mengantisipasi terjadinya bencana alam di alun-alun Sidoarjo yang akan dipimpin oleh Bupati Sidoarjo, yang mana dalam apel kesiapan tersebut akan digelar seluruh peralatan danĀ  perlengkapan dalam menghadapi bencana alam. Kesimpulan dan saran yang didapat dalam rakor iniĀ  perlu ditingkatkannya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Kegiatan ini berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif. sis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *