FKPB dan Aktivis LSM Icon RI Bangkalan Desak DISTAN-KP Gandeng Aparat Kawal Bantuan Tepat Sasaran

Bangkalan-JA. Tujuh pemuda perwakilan dari Forum Komunikasi Pemuda Bangkalan,  LSM Icon RI Bangkalan dan SEMMI (Sarekat Mahasiswa Muslimin Indonesia) Cabang Bangkalan-Madura melakukan audensi ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DISTAN-KP). Mereka mendesak agar DISTAN-KP menggandeng aparat dalam pengawalan bantuan sampai ke berbagai Desa.

Hal ini dijawab oleh Distan KP yang diwakili oleh bidang SASPRAS. ”Gandenglah Aparat agar bantuan sampai langsung, ”ujar Taufik NurhidayatKetua Forum Komunikasi Pemuda Bangkalan. Selain itu mereka juga menyampaikan perlunya kemudahan bagi poktan terkait badan hukum yang menurut mereka tidak urgent (mendesak-red) bagi kelompok petani.

Ketiga mereka meminta perlunya kaderisasi bagi kalangan millenial, pihak dinas pertanian mengaku sudah berjalan bahkan tahun depan ada yang dikirim ikut pelatihan ke Thailand, keempat pihak FKPB dan SEMMI berharap agar UU No 41 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan dikawal penuh oleh Pemkab Bangkalan yaitu intensif bagi petani.

Sementara Ketua LSM Icon RI BangkalanAbdullah Amas, menyebut UU itu kewajiban dan apabila Menteri Pertanian baru bicara saat ini akan memberi intensif. ”Menurut saya Menteri mungkin lupa bahwa UU memang mengatur itu, ”tutur Abdullah Amas. Jadi bukanlah sikap jagoan kalau baru sekarang bicara intensif buat pemilik lahan pertanian yang diambil alih.

Turut hadir bersama Ketua FKPB-Taufik Nurhidayat dan Ketua LSM Icon RI Bangkalan-Abdullah Amas diantaranya Primadani (Ketua SEMMI Cabang Bangkalan), Supriyanto (Seketaris Umum SEMMI Wilayah Jatim). mec

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *