LSM GERAH Mediasi Soal Sengketa Tanah

Sidoarjo-JA. Melalui Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GERAH DPD Sidoarjo sebagai kuasa atas hak ahli waris dari Siti Maryam selaku istri yang sah dari H. Rifai dan Jumain (anak bungsu) berhasil mengundang FORKOPIMKA Sukodono dan Kepala Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Guna melakukan mediasi penyelesaian pembagian Hak Waris dari H. Rifai di Balai Desa Cangkringsari pada 27/11/2019.

Sebagai kuasa dari M. Jumain adalah Aliansi LSM Sidoarjo diketuai oleh Eko dari LSM GERAH-Faisal Rezza, M-Roni dan Nur Urifan sebagai pendamping lainnya. Dalam mediasi dipimpin oleh Sekcam Sukodono-M. Mahmud, memberikan keterangan kepada wartawan. ”Kami hanya memfasilitasi mediasi bersama Kepala Desa supaya masyarakat dalam membagi waris itu sesuai kesepakatan keluaga dan saat ini dilaksanakan verifikasi selama satu bulan supaya tahu jelas letak-letaknya, ”ungkap Sekcam.

Di lain tempat Eko dan Faisal Rezza Cs selaku penerima kuasa juga keluarga Siti Maryam merasa agak lega meski ada sedikit perdebatan dalam proses mediasi ini, ”untuk sementara hanya membagi aset yang diketahui ahli waris sebanyak 11 bidang tanah dari total 83 bidang tanah dan semua ada di Desa Cangkringsari lalu sisanya masih menunggu hasil pengajuan pada dinas terkait sekitar Semingguan dan tadi juga sudah ada kesepakatan yang dibuatkan berita acara ditanda tangani oleh ahli waris serta saksi saksi, “tandas Faisal Rezza. Suasana lebih mencair saat semua ahli waris mengetahui titik terang bidang bidang yang tersampaikan walau kondisinya belum terperinci semuanya terlebih M. Jumain dan Siti Maryam yang selama ini tidak merasakan apa yang menjadi haknya. sis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *