SAKTI, Sengketa Tanah Sawah dan Lahan Tambak Basah 8 Ha Berubah Menjadi Tanah Kering Kerontang, Bagaimana Prosesnya?

Sidoarjo-JA. Alliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sidoarjo kembali melakukan aksi kontrol sosial (konsos) untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kali ini bantuan konsos diberikan kepada warga Sidoarjo yang teraniaya secara mental, mereka ingin agar hak yang selama ini mereka perjuangkan sendiri tidak ada titik temu yang jelas. M. Subandrio dan Suprapto melalui surat kuasa yang mereka tanda tangani untuk mempercayakan kuasa kepada aliansi LSM Sidoarjo dalam menyelesaikan kasus sebagai ahli waris resmi atas tanah sawah yang dimiliki oleh H. Ahmad seluas 8 Ha mereka bersama dengan aliansi LSM Sidoarjo mendatangi kantor Kepala Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo (12/02/2020).

Nur Urifan, Eko, Faisal, Amak Junaedi

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Nur Urifan, Eko, Faisal, Amak Junaedi dan Perwakilan dari masing masing LSM ditemui langsung oleh Pj. Kades Prasung-H. Yusuf Rizal bersama perangkatnya. ”Kedatangan kami kesini kepingin tahu dasar hukum dan administrasi proses peralihan hak yang belum dimiliki ahli waris atau mencari aset yang hilang,”ungkap Nur Urifan sembari mensodorkan beberapa berkas yang sudah didapat dari Kades sebelumnya yang mengarah pada dokumen desa yaitu Letter C (kretek/berkas peta tanah desa).

Sebagai Pj. Kades PrasungYusuf Rizal tidak langsung memberikan apa yang mereka maksudkan namun sebagai orang baru juga harus berhati hati dengan mencoba meminta keterangan yang jelas dari kedua ahli waris dari H. Ahmad tersebut. ”Kami akan membantu berdasarkan data kami yang punya karena setelah kami lihat dengan staf kami obyek yang dimaksud sangat berbeda dengan data yang kami terima, khususnya pada No. 367 Letter C yang telah menerangkan tanah kering dan luasnya tidak sesuai dengan yang dimaksudkan, ”ungkap Pj. Kades PrasungYusuf Rizal. Akhirnya dalam pertemuan tersebut mereka sepakat masalah waktu untuk menggalih data antara Pj. Kades PrasungYusuf Rizal dengan Aliansi LSM Sidoarjo yakni Dua Minggu akan memberikan jawaban karena desa masih disibukkan dengan persiapan Pilkades Serentak. Bersambung. sis

Pj. Kades Prasung-Yusuf Rizal bersama Staf Kelurahan Prasung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *