Operasi Patuh Semeru 2020 Dimulai Ini Imbauan Kasatlantas Polrestabes Surabaya

Dampak covid-19 membuat Operasi Patuh Semeru 2020 yang dimulai hari ini tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Anggota Sarlantas tidak hanya fokus pada permasalahan lalu lintas saja tetapi juga persebaran Covid-19 juga menjadi perhatian utama.

Ditemui di ruangannya Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra menyatakan, jajarannya lebih memprioritaskan unsur preemptif dan preventif kepada pengendara di jalan. Bukan penindakan seperti biasanya.
”Operasi ini lebih mengedepankan edukasi,” terangnya.

Kasatlantas menambahkan, bukan berarti pengendara bisa bebas melanggar peraturan lalu lintas. Ia memastikan jajarannya tetap menindak beberapa jenis pelanggaran yang tampak kasatmata.

Perwira alumni SMA Negeri 6 Surabaya itu menjelaskan bahwa tujuan operasi itu terbagi menjadi tiga poin. Pertama, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi tata tertib berlalu lintas. Lalu, menekan angka kecelakaan. ”Yang ketiga mengurangi persebaran Covid-19,” tuturnya.

Polisi akan menggiatkan edukasi pencegahan virus korona di jalan. Misalnya, membagikan masker dan brosur tentang protokol kesehatan. ”Mendorong kesadaran warga bahwa pandemi ini belum selesai,ungkapnya.

Selain itu Polisi juga akan mengampanyekan program pencegahan persebaran virus. Upaya itu direalisasikan dengan banyak cara. Ada spanduk yang disebar kepolisian. Selain itu, kampanye kesehatan dilakukan dengan aksi bagi-bagi masker.

Prioritas Penindakan Polisi

1. Melawan arus

2. Pengendara di bawah umur

3. Mengoperasikan ponsel saat berkendara

4. Memacu kendaraan ugal-ugalan

5. Berkendara dalam pengaruh alkohol

6. Pengendara motor tidak memakai helm

7. Tidak memakai sabuk pengaman

8. Melebihi batas penumpang

9. Kendaraan yang tidak standard        pabrikan

10. Truk muatan Berlebih ODOL ( Over Dimension Over Loading )

“Kami akan tindak tegas semua bentuk pelanggaran , kami imbau anak muda yang biasa memakai knalpot brong untuk segera memasang knalpot sesuai standard pabrik.”pungkasnya (D3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *