Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Ringkus Pengedar Uang Palsu

JURNAL AKTUAL – Surabaya    Ingin cepat kaya tanpa bekerja keras dua orang pelaku pembuat dan pengedar uang palsu (Upal) BT (26) warga Surabaya dan MY (43) warga asal Menganti Kabupaten Gresik , diringkus anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Kedua pelaku berhasil ditangkap polisi pada hari Minggu, 14 Juni 2020 sekitar pukul 07 : 00 Wib di daerah Jalan Kedung
Cowek Surabaya.

“Menurut pengakuan kedua tersangka , uang palsu tersebut telah diedarkan dibeberapa daerah di Indonesia termasuk Surabaya dan telah menyebar di masyarakat. Mereka mengaku menawarkan lewat media sosial (Medsos) dengan kode 1:3 ,’’ terang Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum saat konferensi pers di Mapolres , Rabu (29/7/2020).

Ganis menambahkan BT memiliki kemampuan membuat upal secara otodidak belajar melalui you tube.

Perwira dengan dua melati di pundaknya itu mengatakan ,pengungkapan kasus upal ini berawal dari laporan masyarakat. Ada salah satu warga yang menerima uang palsu pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dari seseorang yang tak dikenal.

Berdasarkan laporan masyarakat, anggota Reskrim kami kemudian melakukan penyelidikan atas laporan tersebut. Dan anggota reskrim berhasil mengamankan tersangka BT yang sedang menggunakan uang palsu untuk bertransaksi.

“Dari tangan tersangka BT dan MY kami berhasil mengamankan barang bukti upal pecahan 100 ribuan dan 50 ribuan dengan total hampir 20 juta rupiah,” ungkap Ganis

Akibat perbuatannya ,kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 36 ayat 1, 2 dan 3 UU RI Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang atau Pasal 245 KUHP dengan ancaman pidana selama 15 tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *