Kades Sakti Kebal Hukum Ternyata Ada

JURNALAKTUAL.com,Nganjuk – Dua belas tahun sudah berlalu , namun harapan warga Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk untuk memiliki sertifikat tanah hanya tinggal mimpi.

Kejadian berawal pada tahun 2008, saat Sihat Raharjo menjabat sebagai Kepala Desa melaksanakan pengurusan serfitikat sekitar 200 warganya dengan membayar administrasi sebesar 380.000 dan menjanjikan 3 bulan sudah jadi, akan tetapi hingga saat ini sertifikat yang di janjikan belum ada kejelasan yang pasti.

Yadi salah seorang perwakilan warga desa menceritakan kasus pengurusan sertifikat masal melalui program prona sudah ada pelaporan ke Polres Kota Nganjuk.

“Warga sudah pernah melaporkan  Sihat Raharjo ke Polres Nganjuk tetapi hingga saat ini belum juga ada kejelasan yang pasti,,Sihat seperti orang sakti tak tersentuh hukum ,” Ungkap Yadi saat ditemui di rumahnya Kamis(15/04/2021)

Warga desa berencana akan menaikkan pelaporan ke Polda Jatim karena diduga Sihat juga melakukan penggelapan dana desa.

Warga desa Mojoduwur
Warga desa Mojoduwur

“Warga sudah capek mas dua belas tahun menunggu janji manis Sihat , kami akan melaporkan Sihat ke Polda Jatim , ” Pungkas Yadi.

Untuk diketahui PRONA adalah singkatan dari Proyek Operasi Nasional Agraria. PRONA diatur dalam Kepmendagri No. 189 Tahun 1981 tentang Proyek Operasi Nasional Agraria. Tujuan utama dari PRONA adalah memproses pensertifikatan tanah secara masal sebagai perwujudan dari pada program Catur Tertib di bidang Pertanahan yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat terutama bagi golongan ekonomi lemah, serta menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis . PRONA dibentuk dalam lingkungan Direktorat Jenderal Agraria Departemen Dalam Negeri.

Ketika awak media mendatangi Sihat Raharjo di rumahnya untuk konfirmasi terkait kasus sertifikat dan dugaan penggelapan dana desa , Sihat tidak bisa ditemui (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *