Jelang Ops Ketupat Semeru 2021, Polres Ngawi Gelar Latpra Ops di Rupatama dan Aula Parama Satwika Polres Ngawi

 

Jurnalaktual.com , Ngawi, Untuk memastikan kesiapan personil dalam pengamanan Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19, Polres Ngawi gelar kegiatan Pelatihan Pra Operasi (Latpra Ops) Ketupat Semeru tahun 2021. Selasa (4/5/2021).

Kegiatan Latpra Ops Ketupat Semeru tahun 2021 dilaksanakan dengan 2 cara yaitu kegiatan secara langsung di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi dan secara virtual di Aula Parama Satwika Jalan Bernadip Ngawi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasar Sprin Kapolres Ngawi Nomor : Sprin/438/OPS.1.1./2021 tanggal 3 Mei 2021 dengan jumlah peserta 300 orang, terdiri dari,

Kapolres Ngawi yang diwakili Waka Polres Ngawi Kompol Inggal Widya Perdana sebagai Waka Ops Res, Kabag Ops Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto sebagai Karendal Ops, Pejabat Utama Polres Ngawi, Peserta Latpra Ops Kapolsek dan Waka Polsek jajaran beserta perwira dan anggota Polres Ngawi dan Polsek Jajaran.

Dalam kegiatan tersebut, Kompol Inggal Widya Perdana mohon kepada Kapolsek dan Waka Polsek jajaran Polres Ngawi agar mensupport dan semangat kepada para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran untuk memberdayakan dan pengecekan sesuai dengan PPKM mikro di masing-masing desa khususnya standart prokes apabila ada pemudik.

Kompol Inggal Widya Perdana juga memerintahkan agar kembali mendata pendatang yang nekat pulang ke kampung halaman dan selalu berkoordinasi dengan Tiga Pilar dimana apabila ada pendatang atau pemudik agar dilakukan standar prokes yaitu dilakukan isolasi selama 5 x 24 jam dengan biaya sendiri.

Selain itu, Kompol Inggal Widya Perdana menyampaikan niatan utama Polisi pada Pandemi Covid-19 adalah untuk kemanusiaan dan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes yang mana upaya yang telah dilaksanakan tidak menutup kemungkinan mengurangi persebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Kompol Inggal Widya Perdana mengatakan, tidak ada perayaan pada malam takbir yaitu dimana Polisi melakukan penyekatan dan tidak diperbolehkan pawai takbir keliling hanya boleh melaksanakan kegiatan takbir di Masjid dan Mushola serta pelaksanaan Sholat Idul Fitri tidak boleh di lapangan dan dibatasi 50 % dari kapasitas Masjid.

Kompol Inggal Widya Perdana menambahkan, petunjuk penyekatan yaitu di Perbatasan Mantingan, Exit Tol Ngawi serta perbatasan Banyuurip dimana mulai tanggal 6 April 2021 secara ketat akan tutup total dan diputar balik.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Inggal Widya Perdana juga memberikan himbauan kepada peserta latihan secara berjenjang agar para pimpinan di kantor masing-masing agar memperhatikan dan mengawasi prilaku anggotanya.

Sementara itu Kabag OPS Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto sebagai Pemateri Karendal Ops menyampaikan bahwa Ops Ketuapat Semeru 2021 dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d. 17 April 2021 berdasarkan ST Kapolri Nomor : STR/188/IV/OPS.1.1./2021 tanggal 12 April 2021 tentang rencana garis besar operasi ketupat semeru 2021, sebelum dilaksanakan Ops Ketupat dilaksanakan Ops pendukung yaitu Ops Bina Waspada, Ops Pekat dan Ops Keselamatan, tugas Pokok melaksanakan Operasi Kepolisian terpusat dengan Sandi “Ketupat Semeru 2021” selama 12 hari dengan mengedepankan Safgas Peemtif, Preventif, yang didukung kegiatan Gakkum dan Banops dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam pelarangan Mudik guna mencegah penyebaran Covid-19, selanjutnya pada tanggal 5 April 2021 akan dilaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Semeru 2021 di Lapangan Yon Armed 12 Kostrad Ngawi.

Lain halnya dengan Kasat Intelkam Polres Ngawi AKP Marwanto, sebagai Pemateri Kasatgas Preemtif yang menyampaikan, Pra anggapan terkait pelarangan Mudik terkecuali petugas dan perjalanan dinas selain itu terkait pelarangan Mudik saat ini Satgas Preemtif telah melakukan upaya pendekatan kepada para tokoh yang berpengaruh untuk melakukan testimoni berupa vidio himbauan untuk tidak mudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *