Anggaran 26.6 M, Preservasi Jalan Tanjung Bumi-Pamekasan-Sumenep Madura

 

Madura-JA. Pada tahun anggaran 2021, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN ) pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa timur – Bali untuk preservasi ruas jalan nasional Tanjung bumi – Pamekasan – Sumenep Madura senilai Rp.26,2 milyar.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN Jawa timur – Bali Candra HS.ST saat dikonfirmasi JA by WhatsApp, Rabu, (2/6/2021) menjelaskan, bahwa anggaran sebesar Rp 26,2 milyar tersebut, digunakan untuk overlay dua lapis badan jalan dan pembuatan saluran drainase.

Candra menegaskan, bahwa perolehan progres fisik pekerjaan dilapangan sudah mencapai 32 % dari target yang direncanakan 24 %.Sedang untuk item kegiatan overlay badan jalan sudah terlaksana 1 lapis sepanjang 10,05 kilometer, sedangkan untuk pekerjaan pembangunan saluran drainase sepanjang 5 kilometer ,saat ini sudah terlaksana sekitar 2,4 kilometer.terangnya.

Candra menambahkan, bahwa kendala yang ada dilapangan diantaranya, didaerah sekitar pasar banyak saluran drainase yang terdumbat, dikarenakan masih banyak pedagang pasar yang kurang peduli dengan kebersihan dengan membuang sampah sembarangan.

Dan hampir di setiap pasar di sepanjang jalan nasional Pantura Madura tidak ada saluran drainasenya, sehingga pada saat musim hujan tiba,bisa dipastikan ada genangan pada badan jalan, hal tersebut bisa mengakibatkan cepat rusaknya jalan yang ada.

Namun demikian, untuk menjaga kondisi jalan nasional pada ruas jalan tersebut, pihaknya tetap fokus pada pemeliharan, terus bergerak menutup lubang dengan harapan bisa menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan,maka tim kami di lapangan akan terus mobile mulai dari Tanjungbumi hingga Sumenep.

“Jika ditemukan ruas jalan yang membahayakan mulai dari berlubang hingga bergelombang, akan segera di tangani,” tambahnya.

Diketahui, pada proses lelang paket pekerjaan preservasi jalan Tanjung bumi – Pamekasan – Sumenep Madura senilai Rp.34,6 milyar tersebut, diikuti oleh 69 perusahaan jasa kontruksi dalam negeri.

Dalam perjalanan proses tender tersebut,hanya ada 5 perusahaan jasa kontruksi yang melakukan penawaran.dan perusahaan yang terpilih sebagai pemenang preservasi jalan Tanjung bumi – Pamekasan – Sumenep Madura tersebut, adalah PT. Amin Jaya Karya Abadi (AJKA) yang berkantor di jalan Jokotole Nomor 79 Omben Sampang Madura dengan harga penawaran pada kontrak sebesar Rp.26, 2 milyar.(ban)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *