Revitalisasi Pasar Besar Ngawi Jatim Serap Anggaran 73,4 Milyar

Ngawi-JA. Guna mewujudkan bangunan pasar besar ( PBN) Ngawi Jawa timur yang modern , dengan konsep bangunan gedung hijau (BGH), pemerintahan pusat mengalokasikan anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), tahun anggaran 2020 – 2021 dengan sistem multy years contrak (MYC) , pada Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Jawa timur Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa timur sebesar Rp.109.914.212.000,00- .

Diketahui, pada proses lelang paket pekerjaan revitalisasi pasar besar Ngawi tersebut diikuti oleh 284 perusahaan jasa kontruksi dalam negeri.Dalam perjalanan proses tender tersebut,hanya ada 22 perusahaan jasa kontruksi yang melakukan penawaran.

Dan hasil evaluasi lelang hanya ada 3 (tiga) perusahaan jasa kontruksi yang melakukan penawaran terendah yaitu PT.Brantas Abipraya ( Persero) dengan harga penawaran sebesar Rp.75,8 milyar, PT Wijaya karya bangunan ( WKB) sebesar Rp.74,8 milyar dan yg ke tiga adalah PT.PP Urban yang berkantor di jalan TB Simatupang nomor 57 Pasar Rebo Jakarta timur dengan harga penawaran sebesar Rp.73.448.000.000 yang di jadikan sebagai pemenang tender paket pekerjaan revitalisasi pasar besar Ngawi tersebut.

Pantauan JA dilapangan, Rabu (28/4/21) , tampak sedang berlangsung kegiatan pembangunan pasar besar Ngawi pada bagian depan sudah naik dua lantai,dan pada bagian samping serta belakang masih berlangsung proses pengerjaan bekisting dan susunan perancah scaffolding untuk bangunan struktur lantai dua.

Sebagaimana yang sampaiikan M.Reva Sastrodiningrat Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa timur lewat jawaban tertulis nomor CK 0401 – cb16/765 mengatakan, bahwa pelaksanaan progres fisik pekerjaan pekerjaan pembangunan pasar besar Ngawi per 19 – 25 Mei sudah mencapai 32.742 % dan on schedule sesuai rencana.

Dan pelaksanaan pembangunan pasar besar Ngawi senantiasa memperhatikan dan menerapkan Permen PUPR nomor 21 tentang sistem menegemen keselamatan kerja kontruksi.Dan ke pihak kami melaksanakan prinsip utama tercapainya 5 T ( tepat mutu, tepat waktu, tepat biaya, tepat guna dan tepat administrasi ). katanya.

Begitu juga yang di utarakan oleh Imran koordinator lapangan pembangunan pasar besar Ngawi pada JA. (28/5/2021) di Surabaya, bahwa perolehan progres fisik pekerjaan dilapangan sudah mencapai 32, 742 prosen, dan kami telah menyelesaikan pekerjaan struktur, terang Imran

Masih menurut Imran, bahwa kami melaksanakan pekerjaan dilapangan sesuai standar operasional pelaksanaan ( SOP ), dan pihak kami telah mengikuti prosedur K3 ,juga prokes pencegahan Covid, serta pengawasan oleh konsultan supervisi untuk menjamin kwalitas.

Termasuk pekerjaan pembesian, semua material yg datang dari pabrik yang kita kontrol dulu, baru dilakukan uji tes, dan semua material yg di pergunakan di lapangan sesuai SOP yg di tentukan, jelasnya

Imran menambahkan, bahwa untuk rencana pra hand over ( PHO) nya Nopember 2021 ini,dan insyaallah semua berjalan sesuai rencana yang sudah di jadwalkan,tambah Imran.

Senada yang sampaikankan Iin pejabat pembuat komitmen ( PPK) pelaksanaan prasarana permukiman wilayah I provinsi Jawa timur pembangunan pasar besar Ngawi ,
Jum ‘at 28/5/2021 pada JA saat dikonfirmasi by WhatsApp mengatakan , semua berjalan sesuai SOP yang ada, semoga semua berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, tuturnya.

Terpisah, sebagai mana yang dikatakan Bupati Ngawi Budi Sulistyono pada wartawan saat ground breaking pasar besar Ngawi beberapa waktu yang lalu , bahwa dengan konsep modern bangunan gedung hijau (BGH) ini, sebagai representasi pusat perekonomian yang nyaman untuk sehingga diharapkan mampu menumbuhkan kembali minat konsumen untuk berbelanja di pasar besar Ngawi.harapnya. ban

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *